Senin, 08 April 2013

Herbal Persiapan Kolam Lele

HERBAL PERSIAPAN KOLAM LELE
 Herbal untuk Ikan lele ini biasanya digunakan pembudidaya untuk proses persiapan air kolam, adapun tujuaannya yaitu agar tercipta kondisi air lebih baik yang diharapkan dapat menjadi media optimal untuk pertumbuhan ikan lele budidaya, biasanya awal permasalahan penyakit pada ikan lele sebagian besar dikarenakan faktor persiapan air kurang baik.


Herbal ikan lele yang di aplikasikan pada air kolam bisa digunakan untuk pengobatan ikan lele budidaya yang terserang penyakit, Pengobatan herbal pada air kolam diharapkan mampu untuk menekan serta membunuh bakteri atau penyakit.

Adapun salah satu herbal untuk ikan lele budidaya yang biasa digunakan dengan cara diaplikasikan pada kolam adalah sebagai berikut :

1. Air Bersih  sebanyak 5 Liter, usahakan jangan memakai air yang telah tercampur kaporit.
air herbal ikan

2. Daun Pepaya sebanyak 10 lembar, usahakan untuk memakai daun pepaya gandul.
herbal daun pepaya
Contoh Daun Pepaya

3. 10 lembar Daun Sirih
herbal daun sirih

4. 10 lembar Daun Ketapang
Herbal daun ketapang

5. 10 lembar Daun Jawer Kotok
herbal jawer kotok

6. 2 kilo Arang kayu
herbal arang kayu

7. Kotoran Kambing    sebanyak 3 kilo, usahakan usahakan kotoran kambing yang tercampur dengan air kencingnya.
pupuk kambing

Adapun untuk pengolahan herbal ikan lele yaitu dengan cara merendam semua bahan diatas dalam ember atau wadah apa saja, lalu endapkan selama kurang lebih 2 minggu, bila sudah dua minggu herbal siap di gunakan.

Cara menggunakan herbal untuk ikan lele budidaya ini yaitu dengan mencampurkan sebanyak  4 sloki herbal dengan air bersih sebanyak 5 liter, tambahkan 2 sendok garam kedalam herbal tadi, herbal lele ini dapat digunakan untuk luas kolam sekitar 10 meter/segi dengan cara menebarnya sampai merata, bila kita melakukan segmen pembesaran maka herbal ini bisa dilakukan pada saat pengomposan.

itulah salah satu herbal yang dapat digunakan untuk tahap awal persiapan kolam, semoga bermanfaat terimakasih dan salam sukses selalu, oh iya bila rekan punya cara lain silahkan berbagi dengan kami. Terimakasih....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar