Senin, 08 April 2013

PAKAN CAIR ORGANIK

PAKAN CAIR ORGANIK
 Pakan Tambahan Cair Organik Ikan Lele - Untuk rekan budidaya lele yang ingin sedikit mengirit bahan pakan pabrikan, rekan budidaya bisa menggunakan Pakan tambahan Cair Organik buatan kita sendiri dengan memanpaatkan bahan-bahan disekitar lingkungan kita.




Oke kita langsung saja ke cara pembuatan pakan Tambahan cair organik untuk ikan lele, adapun bahan yang harus rekan budidaya lele sediakan adalah sebagai berikut :

1. Kotoran hewan sebanyak 10 KG (bisa menggunakan kotoran sapi atau kambing bisa juga kohe kerbau)
Kohe pakan organik lele
2. Batang pisang (gedebog) dicacah sebanyak 2kg atau disesuaikan saja banyaknya
3. Jerami padi kering dicacah (banyaknya disesuaikan saja)
4. Dedak halus sebanyak 5kg
 5. Tumbuhan air (bisa berupa azolla atau eceng gondok atau kayambang) di cacah  (banyaknya disesuaikan saja
 6. Gula putih sebanyak 1kg (dicairkan terlebih dahulu)
 7. Probiotik ikan 1/2 liter

Adapun cara meramu bahan pakan cair organik untuk lele di atas adalah sebagai berikut :

    Bahan pakan cair organik nomor satu (1)sampai dengan nomor 5 dicampurkan semuanya sampai merata
    Masukan campuran bahan tadi kedalam wadah (bisa ember atau tong plastik)
    Gula yg sudah dicairkan (sudah dingin) campurkan dengan probiotik ikan yang sudah kita sediakan, aduk sampai rata.
    Siramkan campuran cairan gula dan probiotic tadi ke bahan campuran yang sudah ada di dalam wadah secara merata dan aduk kembali.
    Tutup rapat wadah tersebut, usahakan untuk memberikan pentilasi udara agar gas yang ada pada bahan yang ada dalam wadah bisa terbuang (bisa menggunakan selang kecil atau dibolongi di bagian atas dengan diameter 1,5 cm atau lihat gambar tutup tong di bawah)
    Simpan adonan bahan pakan tambahan cair organik untuk ikan lele tadi selama 1 minggu.


tong pupuk cair pakan lele
Permentasi dalam tong plastik

Setelah semua persiapan di atas selesai dan bahan pakan tambahan cair organik telah kita simpan kini saatnya kita membuat kolam untuk pematangan hasil permentasi bahan di atas, ukuran kolam yang ideal untuk pematangan bahan tadi yaitu 1 x 3m x 50cm atau bisa juga ukuran 2 x 4m bahan kolam bisa menggunakan terpal atau kolam tembok.

pada persiapan kolam untuk bahan pupuk organik cair pakan lele ini kita isi dengan air sampai ketinggian 40 cm dan kita tabur dengan probiotik ikan sebanyak 1/2 liter. setelah permentasi bahan akan cair organik lele dalam tong mencapai 1 minggu maka kita taburkan semuanya kedalam kolam tadi dan kita biarkan lagi selama 3 minggu.

biasanya setelah mencapai 3 minggu maka akan tumbuh hewan kecil dalam kolam seperti jenitik kutu air dan lain sebagainya, bila hewan kecil tersebut sudah tumbuh maka itu menandakan bahwa pakan alternatif pupuk cair ikan lele sudah siap kita berikan. Adapun untuk cara pemberiannya yaitu dengan mengambil airnya sebanyak 5-10liter setiap 3 hari sekali untuk pakan lele budidaya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar