Selasa, 07 Mei 2013

MANFAAT MOL UNTUK KOLAM

POC/MOL bagi Dunia Perikanan dan Peternakan
Bila melihat beragam POC yang dijual, biasa peruntukannya tak hanya terbatas pada dunia pertanian saja. Dunia perikanan dan peternakan juga bisa memanfaatkan fungsi dari POC/MOL ini.
Untuk dunia perikanan, biasanya POC/MOL ini digunakan/aplikasikan ke dalam airnya. Sehingga MO yang menguntungkan, yang ada di dalam air dapat berkembang biak dengan baik. Ujung-ujungnya, ikan yang ada di kolam/tambak tsb sehat.

Begitu juga dengan dunia peternakan. Dengan memanfaatkan POC/MOL ini pertumbuhannya ternak akan semakin sehat. Bukan itu saja, kotoran yang dihasilkan dapat mengurangi bau yang dikeluarkan.
MOL dan Ikan
Bila kita punya kolam/empang/dll, coba buat alat yang terbuat dari apa saja. Intinya, di atas kolam/empang/dll  bisa diletakkan MOL pada wadah/nampang di alat tsb.
Untuk apa?
Setelah kita letakkan MOL tsb, biasanya tak lama kemudian akan datang lalat. Apa lagi kalau bukan untuk meletakkan telur-telurnya. Sebab MOL adalah nutrisi tingkat tinggi. Kandungan MOL begitu kaya akan beragam hara, Mikro Organisme, ZPT, dll.
Hasilnya: akan muncul banyak ulat/belatung. Belatung-belatung tsb akan berukuran jumbo, sebab makananya adalah MOL. Karena itu, yang namanya belatung, ya akan bergerak ke sana ke sini. Dan akhirnya akan jatuh ke dalam kolam/empang/dll tsb.
Belatung-belatung yang jatuh inilah yang menjadi santapan para ikan. Jelas, para ikan akan bergembira bila banyak belatung yang jatuh. Mereka mengira: belatung-belatung tsb jatuh dari “langit”.
Betul, tujuan dari peletakkan MOL tsb adalah mendatangkan lalat, membesarkan belatung dan memberikan santapan buat ikan kita.
Kalau kolam/empang/dll tsb besar, maka tempat untuk meletakkan MOL tsb bisa lebih dari satu.
Menurut saya, cara ini sangat efesien untuk mengurangi lalat yang ada di sekitar lingkungan kita.
MOL memang luar biasa,,,,
SUMBER

Tidak ada komentar:

Posting Komentar